Pengaruh Harga Terhadap Penjualan
Harga merupakan suatu nilai yang dibuat untuk menjadi patokan nilai
suatu barang. Harga cukup memiliki pengaruh yang besar terhadap
permintaan barang, bagaimana yang telah dijelaskan dalam hukum
permintaan “ Jika harga semakin murah maka barang yang diminta akan
semakin banyak dan sebaliknya jika harga semakin mahal maka barang yang
diminta semakin sedikit “. Harga juga merupakan suatu penentu bagi
permintaan barang dan untuk menentukan posisi persaingan penujualan di
pasar.
Pengaruh harga terhadap penujalan sangat berperan dalam suatu bisnis,
misalnya saja harga bahan bakar minyak naik, maka harga bahan bakar
minyak akan berimbas kepada harga sembako yang juga akan mengalami
peningkatan harga hingga beberapa persen, hal ini mengakibatkan
masyarakat merasa semakin dipersulit dengan adanya kenaikan harga
sembako, yang awalnya hanya harga BBM saja yang naik malah harga sembako
juga ikut melonjak tinggi.
Suatu barang dapat ditetapkan dengan harga yang telah
ditetapkan oleh suatu perusahaan. Namun penetapan suatu harga bukanlah
wewenang dari sebuah perusahaan, melainkan sudah ditetapkan oleh
pemerintah. Mengapa harus pemerintah yang menetapkan sebuah harga dari
suatu barang ? karena, menurut saya agar harga yang berlaku di pasaran
sama ataupun selaras, agar penjual tidak sembarangan mencantumkan harga
untuk barang-barang yang akan mereka jual nantinya. Para penjual juga
harus memperatikan para konsumennya agar mereka dapat menadi
pelanggannya. Peranan penetapan harga akan menjadi sangat penting
terutama pada keadaan persaingan yang semakin tajam dan perkembangan
permintaan yang terbatas.
Dalam keadaan persaingan yang semakin tajam, sangat terasa dalam pasar
pembeli (buyers market). Peranan harga sangat penting terutama untuk
menjaga dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar. Di samping untuk
meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan, penetapan harga
mempengaruhi kemampuan bersaing perusahaan dan kemampuan perusahaan
mempengaruhi konsumen.
Dalam penetapan harga perlu diperhatikan faktor-faktor yang
mempengaruhinya, baik langsung maupun tidak langsung. Faktor yang
mempengaruhi secara langsung, adalah harga bahan baku, biaya produksi,
biaya pemasaran, adanya peraturan pemerintah, dan faktor-faktor lainnya.
Faktor yang tidak langsung, tetapi erat hubungannya dengan penetapan
harga, adalah harga produk sejenis yang dijual oleh para pesaing,
pengaruh harga terhadap hubungan antara produk subsitusi dan produk
komplementer, serta potongan (discount) untuk para penyalur dan
konsumen. Karena pengaruh tersebut, seorang produsen harus memperhatikan
dan memperhitungkan faktor-faktor tersebut dalam penentuan kebijakan
harga yang akan ditempuh, sehingga nantinya dapat memenuhi harapan
produsen itu untuk dapat bersaing dan kemampuan perusahaan mempengaruhi
konsumen.
Nah suatu perusahaan harus pintar dalam mencuri perhatian dari seorang
konsumen, entah itu memasang iklan atau promosi secara langsung di
lapangan atau berinteraksi langsung dengan para konsumen dan menjelaskan
produknya kepada konsumen dengan menyebutkan keunggulan dari produknya.
Jadi, promosi ini merupakan komponen yang dapakai untuk memberikan dan
mempengaruhi pasar bagi produk perusahaan. Promosi juga salah satu
faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran dari sebuah
perusahaan . meskipun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum
pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi
mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.
Suatu perusahaan perlu melakukan suatu evaluasi dalam menentukan suatu
harga produk atau barang baik harga lama maupun harga yang baru, karena
peningkatan suatu harga akan berdampak kepada penurunan penjualan suatu
barang. Bagaimana yang telah dijelas pada paragraph pertama bahwa sahnya
jika harga semakin mahal maka barang yang diminta semakin sedikit. Maka
suatu harga dalam kegiatan jual beli sangat amat perlu di perhatikan
bagi penjual maupun pembeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar