Minggu, 08 Oktober 2017

Price Influence On sales

 Pengaruh Harga Terhadap Penjualan

Harga merupakan suatu nilai yang dibuat untuk menjadi patokan nilai suatu barang. Harga cukup memiliki pengaruh yang besar terhadap permintaan barang, bagaimana yang telah dijelaskan dalam hukum permintaan “ Jika harga semakin murah maka barang yang diminta akan semakin banyak dan sebaliknya jika harga semakin mahal maka barang yang diminta semakin sedikit “. Harga juga merupakan suatu penentu bagi permintaan barang dan untuk menentukan posisi persaingan penujualan di pasar. 
Pengaruh harga terhadap penujalan sangat berperan dalam suatu bisnis, misalnya saja harga bahan bakar minyak naik, maka harga bahan bakar minyak akan berimbas kepada harga sembako yang juga akan mengalami peningkatan harga hingga beberapa persen, hal ini mengakibatkan masyarakat merasa semakin dipersulit dengan adanya kenaikan harga sembako, yang awalnya hanya harga BBM saja yang naik malah harga sembako juga ikut melonjak tinggi.
            Suatu barang dapat ditetapkan dengan harga yang telah ditetapkan oleh suatu perusahaan. Namun penetapan suatu harga bukanlah wewenang dari sebuah perusahaan, melainkan sudah ditetapkan oleh pemerintah. Mengapa harus pemerintah yang menetapkan sebuah harga dari suatu barang ? karena, menurut saya agar harga yang berlaku di pasaran sama ataupun selaras, agar penjual tidak sembarangan mencantumkan harga untuk barang-barang yang akan mereka jual nantinya. Para penjual juga harus memperatikan para konsumennya agar mereka dapat menadi pelanggannya. Peranan penetapan harga akan menjadi sangat penting terutama pada keadaan persaingan yang semakin tajam dan perkembangan permintaan yang terbatas.
 Dalam keadaan persaingan yang semakin tajam, sangat terasa dalam pasar pembeli (buyers market). Peranan harga sangat penting terutama untuk menjaga dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar. Di samping untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan, penetapan harga mempengaruhi kemampuan bersaing perusahaan dan kemampuan perusahaan mempengaruhi konsumen.
            Dalam penetapan harga perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik langsung maupun tidak langsung. Faktor yang mempengaruhi secara langsung, adalah harga bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran, adanya peraturan pemerintah, dan faktor-faktor lainnya. Faktor yang tidak langsung, tetapi erat hubungannya dengan penetapan harga, adalah harga produk sejenis yang dijual oleh para pesaing, pengaruh harga terhadap hubungan antara produk subsitusi dan produk komplementer, serta potongan (discount) untuk para penyalur dan konsumen. Karena pengaruh tersebut, seorang produsen harus memperhatikan dan memperhitungkan faktor-faktor tersebut dalam penentuan kebijakan harga yang akan ditempuh, sehingga nantinya dapat memenuhi harapan produsen itu untuk dapat bersaing dan kemampuan perusahaan mempengaruhi konsumen. 
Nah suatu perusahaan harus pintar dalam mencuri perhatian dari seorang konsumen, entah itu memasang iklan atau promosi secara langsung di lapangan atau berinteraksi langsung dengan para konsumen dan menjelaskan produknya kepada konsumen dengan menyebutkan keunggulan dari produknya. Jadi, promosi ini merupakan komponen yang dapakai untuk memberikan dan mempengaruhi pasar bagi produk perusahaan. Promosi juga salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran dari sebuah perusahaan . meskipun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. 

Suatu perusahaan perlu melakukan suatu evaluasi dalam menentukan suatu harga produk atau barang baik harga lama maupun harga yang baru, karena peningkatan suatu harga akan berdampak kepada penurunan penjualan suatu barang. Bagaimana yang telah dijelas pada paragraph pertama bahwa sahnya jika harga semakin mahal maka barang yang diminta semakin sedikit. Maka suatu harga dalam kegiatan jual beli sangat amat perlu di perhatikan bagi penjual maupun pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar